Materi Bola Basket Serta Peraturan dan Regulasi Basket

Bola basket adalah salah satu jenis olahraga favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Meskipun bukan olahraga asli Indonesia, nyatanya materi bola basket sudah menjadi salah satu silabus dalam pembelajaran di sekolah menengah. Tak sedikit dari anak-anak sekolah pun merasa tertantang dan melakukan sebuah pertandingan sendiri melawan anak-anak lain. Buat kamu yang hobi menonton pertandingan bola basket namun belum mengenal benar materi bola basket dasar dan Peraturan dan Regulasi Basket nya, yuk simak ulasannya berikut.

Materi Bola Basket Lengkap 2018

Sebelum tahu materi bola basket tentang teknik permainan bola basket, kamu harus tahu sejarah olahraga ini terlebih dulu. Jadi, awalnya permainan ini diciptakan oleh Dr James Naismith. Dia adalah seorang dosen olahraga di salah satu perguruan tinggi ternama di Kanada. Sebagai seorang dosen, memang tak lepas dari sebuah penelitian dan penemuan baru. Begitupula yang dilakukan oleh Dr James Naismith ini yang kemudian menamakan permainan barunya sebagai bola basket. Pada saat itu bola basket dimainkan oleh 9 orang, bukan 5 orang seperti saat ini. Permainannya pun tidak di-dribble, tapi dilemparkan kepada sesama teman tim untuk dimasukkan ke ring.

Materi Bola Basket 1

Dribbing

Permainan bola basket dilakukan secara berkelompok yang terdiri atas dua tim dan beranggotakan 5 orang tiap timnya. Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola ke dalam ring lawan sehingga setiap anggota tim mempunya tugas untuk menjaga ring atau menyerang ring lawan. Sebelum menjadi salah satu pemain tim tersebut, perhatikan materi bola basket tentang teknik dasarnya berikut. Pertama adalah teknik menggiring bola atau dribbing. Teknik dribbing merupakan teknik pemain dalam membawa bola demi menghindari lawan. Tujuannya tidak lain supaya bisa mencetak poin. Ingat ya, bola basket ini tidak bola dibawa lari atau dibawa saja.

Bola harus diusahakan bergerak supaya tidak hangus. Langkah-langkah dribbing adalah posisikan sikap melangkah dengan kedua kaki agak menekuk. Badan diusahakan sedikit condong kedepan dan dorong bola yang kamu bawa kelantai. Maka, bola akan kembali memantul dan dorong lagi kelantai, begitu seterusnya dengan tangan kanan atau kiri. Pastikan sumber gerakan dari siku. Dalam posisi ini, kamu harus segera melemparkan bolamu ke teman satu team karena setelah melangkah 3 kali dan bola masih ditanganmu, maka akan dianggap pelanggaran.

Materi Bola Basket 2

Passing

Materi bola basket tentang teknik yang kedua adalah teknik mengoper atau passing. Setelah dribbing, kamu harus passing bola ke salah satu temanmu atau bisa langsung shooting. Namun, kita akan membahas teknik passing terlebih dahulu. Ada 6 jenis teknik passing yang bisa kamu jadikan alternatif sesuai kondisi pertandingan saat itu, diantaranya :

  1. Overhead pass atau teknik melempar dimana bola diletakkan di atas kepala,
  2. Chest pass atau bola diletakkan didepan dada sesaat sebelum dilempar,
  3. Baseball pass
  4. Bounce pass
  5. Hook pass
  6. Under pass

Dalam teknik passing, usahakan temanmu dalam posisi yang aman supaya bola tidak direbut lawan. Nah, ketika teman didepanmu dalam posisi tidak aman, maka kamu bisa melakukan teknik pivot untuk mengoper bola ke teman lain. Pivot adalah teknik gerakan memutar ke segala dalam posisi salah satu kaki sebagai titik tumpu. Teknik ini bisa kamu lakukan ketika setelah dribbing kamu sudah melangkah sebanyak tiga kali untuk menghindari pelanggaran.

Materi Bola Basket 3

Shooting

Materi bola basket selanjutnya adalah mengenai teknik shooting atau menembak bola ke ring lawan. Dalam permainan bola basket, point akan diperoleh ketika shooting berhasil dilakukan di ring lawan. Ada dua teknik shooting yang bisa kamu lakukan yaitu :

  1. Shooting dengan satu tangan
  2. Shooting dengan dua tangan

Bagaimanapun teknik shooting yang kamu lakukan, besar kecilnya point akan tetap bergantung dari tempat dimana kamu melakukannya. Semakin jauh dari posisi ring, tentu point yang didapat semakin besar, begitu pula dengan tingkat keberhasilan karena teknik rebound dari tim lawan. Rebound adalah teknik menggagalkan shooting tim lawan.

Nah, itu dia beberapa materi bola basket yang perlu kamu tahu sebelum bermain dalam tim melawan musuh. Pastikan kamu tahu aturan lebih lanjut dalam bermain basket sekaligus pelanggaran yang akan diperoleh. Selanjutnya akan nikeshow singgung terkait beberapa peraturan yang memungkinkan permainan berjalan lancar.

Beberapa Peraturan dan Regulasi Basket

Basket adalah olahraga yang menyenangkan dan dapat diakses untuk semua orang. Selain membantu Anda tetap bugar, itu juga memberi Anda kesempatan untuk membuat teman baru dan menjadi lebih percaya diri dan bertekad. Baik Anda bermain basket untuk bersenang-senang, atau Anda ingin menjadi lebih baik dalam hal itu dan menjadi pemain bola basket profesional, penting untuk mempelajari lebih lanjut tentang Peraturan dan Regulasi Basket ini. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Peraturan dan Regulasi Basket

1. Jumlah Pemain

Hal yang harus diperhatikan dalam bermain bola basket adalah jumlah pemainnya. Sesuai dengan Peraturan dan Regulasi Basket bahwa permainan bola basket membatasi jumlah yaitu hanya 5 orang saja. Selain itu 5 pemain lainnya duduk di bangku cadangan, menunggu giliran mereka. Masing-masing dari 5 pemain ini yang duduk di bangku cadangan dapat digunakan untuk bermain kemudian jika salah satu pemain di lapangan tidak dapat bermain lagi. Karena berbagai alasan dan salah satunya adalah karena cidera di lapangan.

2. Scoring

Penilaian relatif gampang buat diingat, sebagai suatu aturan. tak adanya yang rumit mengenai itu. bila Anda melempar bola ke keranjang, Anda memperoleh 1, 2, atau 3 poin. Memotret dari luar garis 3 poin akan berikan Anda 3 poin. Target lapangan berharga2 poin, sedangkan lemparan bebas akan berikan Anda satu poin.

3. Positions

Saat bermain, tiap pemain tim akan dikasi posisi di lapangan. Ketinggian pemain merupakan faktor serius di sini. Karena bergantung terhadap seberapa tinggi pemainnya dia akan mendapat posisi tertentu. Sebagai aturan umum, pemain tertinggi tetap Berposisi di tengah lapangan (posisi 5), sedangkan pemain terpendek memainkan “penjaga”, yaitu posisi 1 serta 2. Pemain ukuran sedang memainkan posisi 3 serta 4, juga dikatakan “forward “.

4. Fouls

Fouls ialah perlakuan tak sah yang lazimnya dilaksanakan oleh pemain dari satu tim menghadapi pemain dari tim lawan. Adanya dua jenis pelanggaran utama: pelanggaran defensif serta ofensif. Pelanggaran defensif berlangsung ketika pembela melaksanakanpelanggaran, sedangkan pelanggaran ofensif berlangsung ketika pelaku menusuk pemain dalam pertahanan. buat menjauhimelaksanakan pelanggaran, serius buat melimit kontak sejumlah bisa jadi atau bahkan sepenuhnya pasal bola basket ialahpermainan non-kontak.

5. Violations

Pelanggaran berlangsung ketika seorang pemain melanggar Peraturan dan Regulasi Basket serta sebagai konsekuensinya bola akan diberikan kepada tim lawan. Pelanggaran juga bisa berlangsung ketika seorang pemain mengambil lebih dari 2 langkah dengan tidakmemantul bola atau ketika pemain itu memakaikan kedua tangannya buat memantulkan bola, juga dikatakan dribel ganda. Anda juga bisa melaksanakan pelanggaran ketika Anda “membawa”, yang bermakna jikalau saat memakaikan bola Anda memutar tangan Anda mengangkutnya di bawah bola.

Leave a Reply