Cara Belajar Renang dan Teknik Berenang Pemula

Siapa sih tak tak ingin bisa berenang? Bahkan ketika melihat banyak pemandangan indah di laut melalui siaran televisi, ingin rasanya ikut diving dan menikmati keindahannya. Namun, keinginan tersebut sirna ketika mengingat kemampuan berenangmu belum seberapa bahkan tak bisa berenang. Bukannya bisa memandangi pesona bawah laut, malah tenggelam di dasar laut bukan? Nah, jangan khawatir guys, daripada bingung, lebih baik manfaatkan waktu luangmu untuk belajar renang. Berikut adalah beberapa cara belajar renang beserta teknik berenang pemula yang mudah diterapkan oleh para pemula sekalipun. Simak baik-baik ya.

Cara Belajar Renang untuk Pemula

Menjadi seorang perenang yang hebat ini banyak manfaatnya lho. Selain renang merupakan salah satu olahraga, renang bisa menyehatkan paru-paru lho. Kamu juga bisa meningkatkan tinggi badanmu dengan berenang. Begitupula bagi wanita hamil, renang bisa bermanfaat untuk memudahkan persalinan. Saking banyaknya manfaat renang, tak jarang dari ibu-ibu muda yang mencuri start mulai mengajarkan buah hatinya untuk renang. Tips cara belajar renang pertama bagi kamu yang udah berusia lumayan dewasa dan ingin belajar renang, pastikan kamu menguatkan niatmu. Tanpa niat, kamu tidak punya motivasi untuk bisa renang. Tidak perlu khawatir akan tenggelam, malu, atau biaya. Itu semua adalah bagian penghalang yang harus dihadapi.

1. Belajar Secara Otodidak

Cara belajar renang secara otodidak lainnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengajar teman untuk belajar renang bareng. Jadi, teman ini fungsinya untuk menjagamu ketika ada sesuatu yang terjadi seperti tenggelam atau panik saat ditengan kolam. Meski temanmu juga tidak bisa berenang, paling tidak dia bisa memanggil orang lain ketika ada sesuatu yang terjadi. Pastikan untuk memilih kolam yang tidak terlalu dalam dulu. Begitupula dengan pemanasan sebelum masuk kedalam kolam. Pemanasan ringan seperti kaki, tangan, dan kepala ini penting supaya tidak terjadi keram saat ada dalam kolam. Apalagi kamu masih berstatus pemula, akan repot jadinya jika keram dalam air. Selanjutnya, kamu bisa mengakrabkan tubuhmu dengan air dulu. Lakukan gerakan-gerakan ringan dalam air dan sugestilah dirimu jika air bukan benda yang berbahaya. Jadi, kamu tidak perlu takut. Mulailah dengan berendam dalam air sebatas leher, lalu basahi muka. Atau bisa juga dengan melompat-lompat dalam air secara berulang.

2. Melatih Pernapasan

Cara belajar renang selanjutnya adalah mengetes pernafasanmu dalam air. Kamu bisa melatihnya dengan memasukkan kepalamu dalam air dan tahan sampai berapa lamakah kamu bisa. Ketika kamu sudah mulai tak tahan, kamu bisa mulai mengeluarkan bubble sedikit demi sedikit melalui mulut atau hidung. Hal ini penting supaya tidak ngos-ngosan ketika berenang. Jika sudah, keluarkan kepala dari dalam air dan bernapaslah sepenuhnya. Lakukan hal itu secara berulang untuk melatih ketahanan paru-parumu. Jika sudah belajar ketahanan napas, selanjutnya adalah belajar mengapung secara telentang atau telungkup. Bagaimana caranya? Mintalah bantuan temanmu terlebih dulu dan berhadapan. Condongkan tubumu kedepan dan buka tungkai kaki sampai kamu dalam posisi mengapung. Partner akan membantu memegan tanganmu dan tahan posisi tersebut beberapa lama. Pastikan posisi kepala telungkup supaya dapat mengapung sempurna. Selanjutnya adalah posisi telentang. Partner akan menahan bagian belakang kepala untuk membantumu.

3. Belajar Gerakan Meluncur

Cara belajar renang selanjutnya adalah belajar gerakan meluncur. Jika kamu sudah bisa mengapung kamu harus bisa meluncur sebagai awal gerak maju dalam air. Caranya, berdirilah tegak dan kaki lurus dirapatkan. Bungkukkkan badan ke depan dan dada sampai menyentuh permukaan air. Tolakkan salah satu kaki dan meluncurkan selama mungkin. Pertahankan posisimu selama nafasmu habis. Setelah bisa cara meluncur, kamu bisa mulai belajar gerakan renang seperti gerakan tangan maju belakang serta gerakan ambil nafas. Teknik ini  harus dilakukan secara hati-hati karena jika tidak dikuasai dengan benar, tidak akan terbentuk gerakan renang yang benar.

Nah, itu dia beberapa cara belajar renang yang benar bagi kamu seorang pemula. Pastikan untuk selalu rutin belajar renang supaya bisa cepat berhasil. Untuk lebih terjamin, kamu bisa meminta tolong para trainer renang yang ahli. Selanjutnya nikeshow.com akan menjelaskan teknik berenang yang pas untuk pemula.

Teknik Berenang Pemula

Berenang memiliki kombinasi latihan aerobik dengan membangun kekuatan di lengan, inti, serta kaki Anda. Karena saat anda berposisi di dalam air, dan anda mengapung, maka hal tersebut mampu menghilangkan kejutan terhadap sendi Anda. Ketika anda memulai program renang, biasa anda akan kesulitan untuk melakukan putaran renang anda untuk pertama kalinya, dengan salah satu alasanya adalah anda sesak dan kesulitan untuk bernapas. Hal ini dikarenakan berenang memerlukan pernapasan yang terkontrol ketika wajah anda berada di dalam air. Tentu hal ini sangat membutuhkan waktu untuk belajar hingga mengusai hal tersebut. Anda butuh mengambil pelajaran tentang teknik berenang yang baik, dan anda dapat mulai belajar berenang dengan mencoba beberapa teknik sendiri.

Teknik Berenang Pemula Pertama

Biasakan Diri di Dalam Air

Masukan diri anda ke air / kolam renang serta berjalan di sekitar ujung yang masih cetek (tidak dalam). Gunakan waktu ini agar anda terbiasa dengan nuansa air. Membiasakan dari hal yang paling mudah sangat berguna bagi pemula, karena pada intinya jika anda tenang maka anda bisa berenang.Lalu mulailah maju ke air yang lebih dalam, hingga membasahi ketiak atau bahu anda. Banyak pemula mempunyai rasa takut natural pada air. Jangan khawatir bila ini memakan waktu yang lama, karena pelajaran awal seperti ini penting untuk anda.

Teknik Berenang Pemula Kedua

Meluncur Perlahan

Meluncur di air adalah keterampilan dasar untuk dikuasai bahkan sebelum anda mempertimbangkan untuk menendang dan mengayuh, menurut instruktur renang Ian Cross, berbicara kepada “The Guardian”. Tetapi satu hal yang harus anda ingat bahwa sebaiknya anda tidak tergesa-gesa dalam meluncur. Perlahan saja anda meluncur untuk membiasakan diri anda terhadap air. Karen dengan meluncur dapat membuat anda terbiasa dengan sensasi bergerak di atas air dengan posisi air berada penuh di bawah dagu anda. Cobalah dengan lembut mendorong dinding sisi kolam dengan tangan terentang di depan kepala Anda. Jaga kepala anda menghadap ke bawah di air dan meluncur sampai anda melambat.

Teknik Berenang Pemula Ketiga

Selaraskan Kordinasi Tubuh Anda

Pada umumnya perenang sangat sulit menggerakan beberapa anggota tubuh yang berguna untuk berenang. Sehingga mereka hanya bisa “mengepak-ngepak” tanpa irama yang pas dan tanpa kordinasi yang baik antar anggota tubuh mereka. Tapi tenang saja karena hal tersebut adalah wajar. Karena hal tersebut membutuhkan beberapa waktu untuk anda dapat merasakan untuk menggerakan kaki anda pada waktu yang pas. Anda juga harus terbiasa untuk menggerakkan otot di punggung bagian bawah, perut dan pinggul untuk menggerakkan Anda maju. Demikian pula, cobalah untuk membiarkan kaki anda muncul di belakang tubuh Anda, dan pertahankan posisi ramping dan ramping. Seiring waktu, ini mengurangi drag dari air dan membuat anda menjadi perenang yang lebih efisien.

Teknik Berenang Pemula Keempat

Gaya Dada

Setelah anda sudah memiliki rasa percaya diri dengan teknik renang pertama hingga ketiga (teknik dasar renang). Barulah anda bisa masuk untuk menguasai gaya dada. Karena hal ini adalah tantangan anda berikutnya. Teknik berenang gaya dada memang adalah teknik favorit para perenang pemula. Dapat terlihat bahwa berenang dengan menggunakan gaya dada sebenarnya membutuhkan sedikit koordinasi bagian tubuh. Gaya dada lebih kepada memperkuat atau menstabilkan pernapasan dan gerakan saat meluncur renang. Untuk melakukan gaya dada, anda harus tetap tenang dan lurus di permukaan air, sambil mengangkat dagu anda. Tarik lengan anda bersama dengan lengan yang hampir bersentuhan. Saat tangan anda sudah mencapai jarak dada, tekuk lutut dan angkat kaki anda dalam bentuk seperti katak dengan telapak kaki anda ditunjukkan ke setiap sisinya. Dorong kembali dengan kaki anda dan usahakan untuk meraih ke depan dengan disertai tangan anda secara bersamaan. Penggerak ganda ini akan membantu anda mendapatkan “speed” atau dorongan saat berenang.

Teknik Berenang Pemula Kelima

Menyelam

Menyelam merupakan teknik dasar berenang untuk pemula di tahap akhir. Karena jika anda sudah bisa menyelam, maka sebenarnya anda sudah menguasai cara belajar berenang yang benar dan baik. Teknik menyelam sangat dinantikan oleh seluruh perenang pemula, karena satu hal yang di pikiran mereka yaitu “diving!” “saya mau diving!”.¬†Menyelam ke dalam kolam atau air merupakan keterampilan berenang dasar yang sangat baik. Bahkan jika itu dimulai dari air yang dangkal sekalipun. Setelah itu anda bisa mulai berlatih menyelam di kolam yang dalam dengan penjaga yang bertugas. Ketika anda menyelam mungkin hanya melibatkan tangan anda yang anda letakan di atas kepala dan dengan kemudian anda dapat melompat ke dalam air hingga tubuh anda masuk sepenuhnya ke dalam air. Saat anda ingin menyelam jauh lebih dalam, cobalah mendorong sedikit tubuh anda. Dan luruskanlah kaki anda ke belakang anda. Hal tersebut penting anda lakukan saat anda menyelam untuk mendapatkan kedalaman yang jauh lebih dalam dengan lancar.

Leave a Reply